Monday 3 December 2018

Soal-soal dasar MPU


MESIN PENGGERAK UTAMA
  1. Langkah Isap adalah langkah dimana torak bergerak dari TMA menuju TMB.Klep isap terbuka,udara masuk melalui intake manifold ke dalam silinder,klep isap terbuka dan klep buang tertutup.
  2. Langkah Kompresi adalah langkah dimana klep isap & klep buang tertutup rapat.,torak bergerak dari TMB menuju ke TMA. Udara dikompresikan (dimampatkan) sehingga tekanannya meningkat menjadi 16-20 kg/cm₂ atau 16-20 bar dan temperaturnya mencapai lebih dari 600⁰C.
  3. Langkah Usaha adalah langkah dimana klep isap & buang tertutup rapat,5⁰ s/d 10⁰ sebelum torak mencapai TMA oleh injektor dikabutkan bahan bakar dan bercampur udara bertekanan dan bersuhu tinggi sehingga terjadi pembakaran/ledakan.Selanjutnya ledakan tersebut berfungsi sebagai tenaga untuk mendorong torak dari TMA ke TMB.
  4. Langkah Buang adalah langkah dimana klep isap tertutup dan klep buang terbuka.Torak bergerak dari TMB menuju TMA untuk mendorong gas hasil pembakaran keluar silinder melalui exhaust maifold.
  5. Injektor adalah komponen pada motor diesel yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar dalam bentuk kabut dengan tekanan tinggi ke dalam ruang bakar.
  6. Crankshaft ( Poros Engkol ) berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston (torak) menjadi gerak putar yang akhirnya dapat menggerakkan roda gila (flywheel).
  7. Injector Pump ( Pompa Injeksi ) berfungsi mensupply bahan bakar ke Injektor dengan tekana tinggi ( maksimal 300 kg/cm2 ) ,menentukan waktu penyemprotan dan jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan.
  8. Intake Valve ( Katup Isap ) berfungsi untuk membuka dan menutup udara dari Intake Manifold keruang bakar.
  9. Exhaust Valve ( Katup Buang ) berfungsi untuk membuka dan menutup udara hasil pembakaran menuju exhaust manifold.
  10. Intake Manifold berfungsi untuk berfungsi menyalurkan campuran udara dan bahan bakar masuk melalui intake valve kedalam ruang bakar pada tiap-tiap silinder.
  11. Exhaust Manifold berfungsi untuk mengalirkan gas hasil pembakaran dari silinder melalui exhaust valve untuk selanjutnya ke turbocharger.
  12. Turbocharger berfungsi untuk meningkatkan volume udara yang masuk kedalam silinder dengan memanfaatkan energi dari gas buang hasil pembakaran.Untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.
  13. Cara Kerja Turbocharger :
Gas buang hasil pembakaran dari proses pembakaran dalam silinder akan disalurkan ke turbin penggerak (turbine section) sehingga memutar sudu-sudu turbin penggerak.Kemudian dihubungkan dengan bagian turbin kompresor (compressor turbine)melalui batang penghubung.Turbin kompresor befungsi untuk menghisap udara dari luar dan menekannya untuk menaikkan volume udara disalurkan kedalam intake manifold.
14.