MESIN
PENGGERAK UTAMA
- Langkah Isap adalah langkah dimana torak bergerak dari TMA menuju TMB.Klep isap terbuka,udara masuk melalui intake manifold ke dalam silinder,klep isap terbuka dan klep buang tertutup.
- Langkah Kompresi adalah langkah dimana klep isap & klep buang tertutup rapat.,torak bergerak dari TMB menuju ke TMA. Udara dikompresikan (dimampatkan) sehingga tekanannya meningkat menjadi 16-20 kg/cm₂ atau 16-20 bar dan temperaturnya mencapai lebih dari 600⁰C.
- Langkah Usaha adalah langkah dimana klep isap & buang tertutup rapat,5⁰ s/d 10⁰ sebelum torak mencapai TMA oleh injektor dikabutkan bahan bakar dan bercampur udara bertekanan dan bersuhu tinggi sehingga terjadi pembakaran/ledakan.Selanjutnya ledakan tersebut berfungsi sebagai tenaga untuk mendorong torak dari TMA ke TMB.
- Langkah Buang adalah langkah dimana klep isap tertutup dan klep buang terbuka.Torak bergerak dari TMB menuju TMA untuk mendorong gas hasil pembakaran keluar silinder melalui exhaust maifold.
- Injektor adalah komponen pada motor diesel yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar dalam bentuk kabut dengan tekanan tinggi ke dalam ruang bakar.
- Crankshaft ( Poros Engkol ) berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston (torak) menjadi gerak putar yang akhirnya dapat menggerakkan roda gila (flywheel).
- Injector Pump ( Pompa Injeksi ) berfungsi mensupply bahan bakar ke Injektor dengan tekana tinggi ( maksimal 300 kg/cm2 ) ,menentukan waktu penyemprotan dan jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan.
- Intake Valve ( Katup Isap ) berfungsi untuk membuka dan menutup udara dari Intake Manifold keruang bakar.
- Exhaust Valve ( Katup Buang ) berfungsi untuk membuka dan menutup udara hasil pembakaran menuju exhaust manifold.
- Intake Manifold berfungsi untuk berfungsi menyalurkan campuran udara dan bahan bakar masuk melalui intake valve kedalam ruang bakar pada tiap-tiap silinder.
- Exhaust Manifold berfungsi untuk mengalirkan gas hasil pembakaran dari silinder melalui exhaust valve untuk selanjutnya ke turbocharger.
- Turbocharger berfungsi untuk meningkatkan volume udara yang masuk kedalam silinder dengan memanfaatkan energi dari gas buang hasil pembakaran.Untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.
- Cara Kerja Turbocharger :
Gas
buang hasil pembakaran dari proses pembakaran dalam silinder akan
disalurkan ke turbin penggerak (turbine section) sehingga memutar
sudu-sudu turbin penggerak.Kemudian dihubungkan dengan bagian turbin
kompresor (compressor turbine)melalui batang penghubung.Turbin
kompresor befungsi untuk menghisap udara dari luar dan menekannya
untuk menaikkan volume udara disalurkan kedalam intake manifold.
14.